Peranan Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan studi pada CV. Adi Jaya, Pandensari Pujon, Malang
Main Author: | EkaYudhaSudrajad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113034/1/050603454.pdf http://repository.ub.ac.id/113034/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang yang mendasari penelitian dengan judul Peranan Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada perusahaan CV. Adi Jaya Malang adalah semakin tingginya tingkat persaingan dan selera kebutuhan konsumen yang cenderung berubah-ubah. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dan mampu memproduksi produk yang bisa memenuhi selera dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan dan untuk menjelaskan adanya perbedaan yang signifikan antara volume penjualan sebelum dan setelah dilakukannya pengembangan produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( eksplanatory reseach ), dimana dalam uraiannya mengandung deskriptif. Variabel yang digunakan adalah jumlah macam produk (X) dan jumlah volume penjualan (Y). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, rata-rata hitung, dan uji beda dua rata-rata. Berdasarkan analisis rata-rata hitung dapat diketahui bahwa rata-rata volume penjualan setelah pengembangan produk lebih tinggi dari sebelum pengembangan produk dengan selisih 109,47 ton. Adapun untuk analisis uji beda dua rata-rata dapat diketahui bahwa nilai t value sebesar -7,507, angka ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara volume penjualan sebelum dan setelah dilakukannya pengembangan produk dan angka tersebut juga menunjukkan bahwa volume penjualan sesudah pengembangan produk lebih besar daripada sebelum dilakukannya pengembangan produk. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pengembangan produk ternyata mempunyai peran yang cukup besar dalam meningkatkan volume penjualan.