Evaluasi pengendalian intern dalam sistem akuntansi penggajian pengupahan karyawan studi Pada Hotel Kusuma Agrowisata Batu Editha Marcellina Satyaputra
Main Author: | EdithaMarcellinaSatyaputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113030/1/050603449.pdf http://repository.ub.ac.id/113030/ |
Daftar Isi:
- Pengendalian intern sangat penting bagi perusahaan karena dengan pengendalian intern yang baik maka perusahaan akan dapat meminimalisasi tidakan-tindakan yang dapat merugikan perusahaan. Pelaksanaan pengendalian intern salah satunya dilakukan pada sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan karena gaji dan upah termasuk salah satu faktor yang penting untuk memperoleh kinerja karyawan yang baik. Hotel Kusuma Agrowisata Batu merupakan salah satu hotel terbesar di Kota Batu yang memiliki karyawan dengan jumlah yang banyak dan sangat mementingkan kinerja karyawan yang baik untuk kegiatan operasional hotel sehingga pihak manajemen hotel harus selalu memperhatikan pengendalian intern pada sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan. Rumusan masalah yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pengendalian intern pada sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan Hotel Kusuma Agrowisata Batu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian intern pada sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan Hotel Kusuma Agrowisata Batu. Pengendalian intern meliputi struktur organisasi, kebijakan, teknik, prosedur yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, menjamin ketelitian dan keandalan data akuntansi, dapat diperolehnya operasi secara efisien dan menjamin ditaatinya kebijakan perusahaan. Unsur-unsur pengendalian intern pada sistem akuntansi penggajian dan pengupahan meliputi pemisahan fungsi pada struktur organisasi, sistem otorisasi, prosedur pencatatan, formulir, karyawan yang sesuai dengan tanggung jawabnya dan praktik yang sehat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan fokus penelitan pada struktur organisasi, formulir dan dokumen serta jaringan prosedur penggajian dan pengupahan. Lokasi penelitian dilakukan pada Hotel Kusuma Agrowisata yang beralamatkan di Jalan Abdul Gani atas, PO BOX 36, Batu. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh dari bagian-bagian yang terkait dalam sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yaitu Departemen Personalia sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen dan formulir. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumnetasi dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar pengamatan dan pedoman dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menganalisis bentuk struktur dan job description organisasi, formulir dan pengendalian intern pada sistem penggajian dan pengupahan, serta memberikan alternatif dalam penyusunan sistem dan prosedur akuntansi penggajian dan pengupahan. Penelitian menunjukkan beberapa kelemahan pada sistem pengendalian intern yang dilakukan di Hotel Kusuma Agrowisata yaitu fungsi keuangan berada di bawah departemen akuntansi, pendistribusian uang gaji, uang lembur, dan upah dilakukan oleh fungsi pembuat daftar gaji, belum ada beberapa dokumen pendukung seperti daftar hadir lembur, daftar penerima gaji/ upah/ lembur, kartu jam kerja, surat perintah lembur tertulis, rendahnya pengawasan terhadap karyawan yang melakukan kerja lembur, pembuatan BKK oleh General Cashier, Departemen Personalia tidak diberi salinan BKK, Departemen Akuntansi dan General Manager tidak diberi rekap absensi, rekap absensi lembur, dan kartu jam kerja. Saran yang dapat diberikan untuk memperbaiki pengendalian intern Hotel Kusuma Agrowisata adalah pemisahan fungsi akuntansi dengan fungsi keuangan, pendistribusian uang gaji, lembur dan upah sebaiknya dilakukan oleh General Cashier, perlu adanya penambahan beberapa dokumen pendukung seperti daftar hadir lembur, kartu jam kerja, daftar penerima gaji/ lembur/ upah dan surat perintah lembur, perlu adanya pengawasan terhadap karyawan yang melakukan kerja lembur, pemberian tembusan rekap daftar hadir, rekap daftar lembur dan kartu jam kerja kepada Departemen Akuntansi, Departemen Personalia sebaiknya diberi salinan BKK, perlu adanya pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan karyawan.