Analisis Pengaruh Marketing MIX Terhadap Keputusan Pembelian Produk Yoghurt Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS) Di PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Batu .

Main Author: Dhuhita, Ivana Puspa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1128/1/IVANA%20PUSPA%20DHUHITA.pdf
http://repository.ub.ac.id/1128/
Daftar Isi:
  • PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Batu merupakan perusahaan yang memproduksi produk yoghurt merek Yoguku. Seiring dengan semakin banyaknya variasi produk yoghurt membuat PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa juga menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Perusahaan sebaiknya menerapkan dan perlu dipertimbangkan perilaku konsumen yang diantaranya berupa keputusan pembelian produk perusahaan yang berupa barang atau jasa yang ditawarkan ke konsumen itu.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh setiap variabel dalam strategi marketing mix 7P(produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik) terhadap keputusan pembelian oleh konsumen Yoguku di PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Batu baik secara bersama maupun individu. Hasil penelitian ini menyatakan ada tiga variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian Yoguku, yaitu variabel produk (X1), proses (X6) dan tempat (X4). Hal ini dinyatakan dalam hasil pengujian model yang persamaannya Y= 3,539X1 + 1,101X2 + 0,547X3 + 1,984X4 + 1,441X5 + 2,296X6 + 1,063X7. Ketiga variabel ini terbukti mendapatkan nilai T-Statistics lebih dari 1,96 yang berarti mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel yang paling dominan adalah variabel produk sebesar 3,539. Nilai R-Square = 22.71% dan disarankan kepada pihak manajerial untuk mengkaji ulang strategi pemasarannya dan peneliti selanjutnya memasukkan variabel daya beli, minat, jaminan (assurance).