Perlindungan Hukum Terhadap Privasi Pengguna Sosial Media Di Amerika Serikat Dan Indonesia Terkait Targeted Advertising
Main Author: | Rachmaniar, Adelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/112731/1/ADELIA_RACHMANIAR_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/112731/ |
Daftar Isi:
- Penulisan ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap privasi pengguna sosial media di Amerika Serikat dan Indonesia terkait targeted advertising. Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan, mengidentifikasi, menganalisis, dan membandingkan bentuk perlindungan hukum terhadap privasi pengguna sosial media di Amerika Serikat dan Indonesia terkait dengan penggunaan data pribadi pengguna sosial media untuk targeted advertising. Penulis melakukan analisis dengan metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan komparatif. Penulisan ini membahas mengenai bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap privasi pengguna sosial media di Indonesia terkait targeted advertising yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, dan Etika Pariwara Indonesia serta bagaimana perbandingan perlindungan hukum di Amerika Serikat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemerintah Indonesia perlu membentuk suatu peraturan perundang-undangan atau memperbarui peraturan perundang-undangan yang ada untuk mengatur perihal perlindungan hukum terhadap privasi pengguna sosial media di Indonesia terkait dengan penggunaan data pribadi pengguna sosial media untuk targeted advertising, karena peraturan perundang-undangan yang ada saat ini dirasa belum cukup melindungi privasi pengguna sosial media di Indonesia.