Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Segar Di “Rumah Ikan”, Jalan Bungur No.51, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

Main Author: Sukarsa, Dewi Nuryana Rahmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11273/
Daftar Isi:
  • Ikan segar adalah salah satu dari banyak komoditas perikanan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Didalam pengembangan agribisnis perikanan perlu adanya produk perikanan yang menjadi komoditas unggulan pada suatu pelabuhan perikanan. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui jenis komoditas yang akan menjadi prioritas produksi. Bauran pemasaran merupakan serangkaian cara untuk mengkoordinir dari produk, harga, tempat dan promosi yang diperlukan perusahaan untuk menghasilkan reaksi yang diinginkan di pasar. Terdapat beberapa variabel yang dikategorikan sebagai komponen dari bauran pemasaran. Terjadinya keputusan pembelian dapat di pengaruhi oleh faktor kebutuhan, harga, kemantapan akan suatu produk, dan pembelian ulang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisa 1) Profil usaha dari “Rumah Ikan” meliputi sejarah berdirinya usaha tersebut., 2) Aspek teknis pada “Rumah Ikan” yang meliputi sarana dan prasarana serta alur pengadaan ikan, 3) Pengaruh bauran pemasaran atau marketing mix (4P) price, product, place, promotion, terhadap keputusan pembelian ikan segar pada “Rumah Ikan”, 4) Faktor bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk ikan segar pada “Rumah Ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa product, price, place mempengaruhi keputusan pembelian secara nyata dengan nilai signifikansi > 0,05, sedangkan promotion tidak memiliki pengaruh secara nyata karena memiliki nilai signifikansi < 0,05. Sehingga menyatakan