ctrlnum 112724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/112724/</relation><title>Upaya Penanganan Kredit Bermasalah Dengan Jaminan Fidusia Yang Telah Dialihkan Oleh Debitur Tanpa Persetujuan Kreditur (Studi Di Pt. Wahana Ottomitra Multiartha Cabang Kota Malang)</title><creator>Azzamzami, MuhammadRechardianAinunnajib</creator><subject>340 Law</subject><description>Kondisi empiris pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha cabang Malang terkait pengalihan objek jaminan fidusia yaitu terjadi 572 kasus kredit bermasalah dengan jaminan fidusia yang dialihkan oleh debitur tanpa persetujuan kreditur. Padahal, dalam pasal 23 ayat 2 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 telah dijelaskan larangan untuk debitur mengalihkan jaminan fidusia tanpa pesetujuan kreditur. Selain diatur dalam pasal tersebut, sebenarnya larangan untuk tidak mengalihkan objek jaminan ini telah diatur dalam perjanjian pengikatan jaminan. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, adapun rumusan pokok permasalahan yang akan diangkat dalam penulisan penelitian ini dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya penanganan yang dilakukan oleh PT.Wahana Ottomitra Multiarthacabang Malang terkait kredit bermasalah dengan jaminan fidusia yang dialihkan oleh debitur tanpa persetujuan kreditur?; (2) Apa kendala yang dialami oleh PT.Wahana Ottomitra Multiarthacabang Malang dalam melaksanakan upaya penanganan kredit bermasalah dengan jaminan fidusia yang telah dialihkan oleh debitur tanpa persetujuan kreditur?. Pengumupulan data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengambilan data primer dengan wawancara sedangkan data sekunder dengan pengambilan data pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha cabang Malang . Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa PT. Wahana Ottomitra Multiartha cabang Malang telah melakukan upaya-upaya penanganan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan visiting, pencarian objek jaminan, pelaporan ke kepolisian, membawa kasus tersebut ke pengadilan. Dalam melaksanakan upaya tersebut didapati kendala-kendala yang terbagi atas kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal menitik beratkan pada kurangnya anggaran dan kurangnya pengetahuan dari pegawai sedangkan kendala eksternal menitik beratkan pada karakter debitur, dan lamanya proses penanganan kasus.</description><date>2016-08-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/1/BAB_III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/1/BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/1/BAB_IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/2/BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/2/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/3/BAB_v.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/4/Jurnal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/5/Daftar_pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/112724/6/Kata_Pengantar.pdf</identifier><identifier> Azzamzami, MuhammadRechardianAinunnajib (2016) Upaya Penanganan Kredit Bermasalah Dengan Jaminan Fidusia Yang Telah Dialihkan Oleh Debitur Tanpa Persetujuan Kreditur (Studi Di Pt. Wahana Ottomitra Multiartha Cabang Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FH/2016/306/051612043</relation><recordID>112724</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Azzamzami, MuhammadRechardianAinunnajib
title Upaya Penanganan Kredit Bermasalah Dengan Jaminan Fidusia Yang Telah Dialihkan Oleh Debitur Tanpa Persetujuan Kreditur (Studi Di Pt. Wahana Ottomitra Multiartha Cabang Kota Malang)
publishDate 2016
topic 340 Law
url http://repository.ub.ac.id/112724/1/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/1/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/1/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/2/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/2/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/3/BAB_v.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/4/Jurnal.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/5/Daftar_pustaka.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/6/Kata_Pengantar.pdf
http://repository.ub.ac.id/112724/
contents Kondisi empiris pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha cabang Malang terkait pengalihan objek jaminan fidusia yaitu terjadi 572 kasus kredit bermasalah dengan jaminan fidusia yang dialihkan oleh debitur tanpa persetujuan kreditur. Padahal, dalam pasal 23 ayat 2 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 telah dijelaskan larangan untuk debitur mengalihkan jaminan fidusia tanpa pesetujuan kreditur. Selain diatur dalam pasal tersebut, sebenarnya larangan untuk tidak mengalihkan objek jaminan ini telah diatur dalam perjanjian pengikatan jaminan. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, adapun rumusan pokok permasalahan yang akan diangkat dalam penulisan penelitian ini dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya penanganan yang dilakukan oleh PT.Wahana Ottomitra Multiarthacabang Malang terkait kredit bermasalah dengan jaminan fidusia yang dialihkan oleh debitur tanpa persetujuan kreditur?; (2) Apa kendala yang dialami oleh PT.Wahana Ottomitra Multiarthacabang Malang dalam melaksanakan upaya penanganan kredit bermasalah dengan jaminan fidusia yang telah dialihkan oleh debitur tanpa persetujuan kreditur?. Pengumupulan data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengambilan data primer dengan wawancara sedangkan data sekunder dengan pengambilan data pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha cabang Malang . Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa PT. Wahana Ottomitra Multiartha cabang Malang telah melakukan upaya-upaya penanganan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan visiting, pencarian objek jaminan, pelaporan ke kepolisian, membawa kasus tersebut ke pengadilan. Dalam melaksanakan upaya tersebut didapati kendala-kendala yang terbagi atas kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal menitik beratkan pada kurangnya anggaran dan kurangnya pengetahuan dari pegawai sedangkan kendala eksternal menitik beratkan pada karakter debitur, dan lamanya proses penanganan kasus.
id IOS4666.112724
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-19T08:32:35Z
last_indexed 2021-10-28T07:02:55Z
recordtype dc
_version_ 1751455503520628736
score 17.538404