Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang
Main Author: | Runaweri, Sonar Melanesia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1125/1/Runaweri%2C%20Sonar%20Melanesia.pdf http://repository.ub.ac.id/1125/ |
ctrlnum |
1125 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1125/</relation><title>Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang</title><creator>Runaweri, Sonar Melanesia</creator><subject>338.17 Products</subject><description>Salah satu elemen manajemen pemasaran yang tidak dapat terpisah dari elemen-elemen lain adalah distribusi yang termasuk dalam bauran pemasaran selain produk, harga, promosi dan penjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat pada perusahaan dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan memberikan hasil optimal bagi perusahaan. Pemilihan saluran distribusi yang kurang tepat akan mengakibatkan produk yang bagus kurang bermanfaat bagi pemakainya karena melewati batas waktu kebutuhan konsumen. Ukm keripik Tempe Ones merupakan produsen Kripik tempe kemasan yang telah didistribusikan di Malang Raya dan Bali. Perusahaan ini menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran tidak langsung. Selama ini, analisis saluran distribusi pada perusahaan ini belum dilakukan, sedangkan perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menambah distributor. Di sisi lain, perusahaan selalu menginginkan volume penjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan membandingkan analisis efisiensi biaya distribusi dengan nilai penjualan antar saluran dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil Analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien mengunakan saluran distribusi langsung yaitu 1,15% dan ROI sebesar Rp.8.622.729.309</description><date>2017-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1125/1/Runaweri%2C%20Sonar%20Melanesia.pdf</identifier><identifier> Runaweri, Sonar Melanesia (2017) Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2017/308/051706452</relation><recordID>1125</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Runaweri, Sonar Melanesia |
title |
Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang |
publishDate |
2017 |
topic |
338.17 Products |
url |
http://repository.ub.ac.id/1125/1/Runaweri%2C%20Sonar%20Melanesia.pdf http://repository.ub.ac.id/1125/ |
contents |
Salah satu elemen manajemen pemasaran yang tidak dapat terpisah dari elemen-elemen lain adalah distribusi yang termasuk dalam bauran pemasaran selain produk, harga, promosi dan penjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat pada perusahaan dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan memberikan hasil optimal bagi perusahaan. Pemilihan saluran distribusi yang kurang tepat akan mengakibatkan produk yang bagus kurang bermanfaat bagi pemakainya karena melewati batas waktu kebutuhan konsumen. Ukm keripik Tempe Ones merupakan produsen Kripik tempe kemasan yang telah didistribusikan di Malang Raya dan Bali. Perusahaan ini menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran tidak langsung. Selama ini, analisis saluran distribusi pada perusahaan ini belum dilakukan, sedangkan perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menambah distributor. Di sisi lain, perusahaan selalu menginginkan volume penjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan membandingkan analisis efisiensi biaya distribusi dengan nilai penjualan antar saluran dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil Analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien mengunakan saluran distribusi langsung yaitu 1,15% dan ROI sebesar Rp.8.622.729.309 |
id |
IOS4666.1125 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2018-01-19T18:30:22Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:07:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1730142660077813760 |
score |
17.538404 |