Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang

Main Author: Runaweri, Sonar Melanesia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1125/1/Runaweri%2C%20Sonar%20Melanesia.pdf
http://repository.ub.ac.id/1125/
ctrlnum 1125
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1125/</relation><title>Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang</title><creator>Runaweri, Sonar Melanesia</creator><subject>338.17 Products</subject><description>Salah satu elemen manajemen pemasaran yang tidak dapat terpisah dari elemen-elemen lain adalah distribusi yang termasuk dalam bauran pemasaran selain produk, harga, promosi dan penjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat pada perusahaan dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan memberikan hasil optimal bagi perusahaan. Pemilihan saluran distribusi yang kurang tepat akan mengakibatkan produk yang bagus kurang bermanfaat bagi pemakainya karena melewati batas waktu kebutuhan konsumen. Ukm keripik Tempe Ones merupakan produsen Kripik tempe kemasan yang telah didistribusikan di Malang Raya dan Bali. Perusahaan ini menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran tidak langsung. Selama ini, analisis saluran distribusi pada perusahaan ini belum dilakukan, sedangkan perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menambah distributor. Di sisi lain, perusahaan selalu menginginkan volume penjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan membandingkan analisis efisiensi biaya distribusi dengan nilai penjualan antar saluran dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil Analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien mengunakan saluran distribusi langsung yaitu 1,15% dan ROI sebesar Rp.8.622.729.309</description><date>2017-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1125/1/Runaweri%2C%20Sonar%20Melanesia.pdf</identifier><identifier> Runaweri, Sonar Melanesia (2017) Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2017/308/051706452</relation><recordID>1125</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Runaweri, Sonar Melanesia
title Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang
publishDate 2017
topic 338.17 Products
url http://repository.ub.ac.id/1125/1/Runaweri%2C%20Sonar%20Melanesia.pdf
http://repository.ub.ac.id/1125/
contents Salah satu elemen manajemen pemasaran yang tidak dapat terpisah dari elemen-elemen lain adalah distribusi yang termasuk dalam bauran pemasaran selain produk, harga, promosi dan penjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat pada perusahaan dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan memberikan hasil optimal bagi perusahaan. Pemilihan saluran distribusi yang kurang tepat akan mengakibatkan produk yang bagus kurang bermanfaat bagi pemakainya karena melewati batas waktu kebutuhan konsumen. Ukm keripik Tempe Ones merupakan produsen Kripik tempe kemasan yang telah didistribusikan di Malang Raya dan Bali. Perusahaan ini menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran tidak langsung. Selama ini, analisis saluran distribusi pada perusahaan ini belum dilakukan, sedangkan perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menambah distributor. Di sisi lain, perusahaan selalu menginginkan volume penjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan membandingkan analisis efisiensi biaya distribusi dengan nilai penjualan antar saluran dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil Analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien mengunakan saluran distribusi langsung yaitu 1,15% dan ROI sebesar Rp.8.622.729.309
id IOS4666.1125
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:30:22Z
last_indexed 2021-10-18T02:07:11Z
recordtype dc
_version_ 1730142660077813760
score 17.538404