Hak-Hak Penyandang Disabilitas Dalam Bidang Sarana Pendidikan Berdasarkan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Studi Pel

Main Author: Habibi, RahmadSyafaat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/111866/1/051406133.pdf
http://repository.ub.ac.id/111866/
Daftar Isi:
  • Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan terkait keadilan di dunia pendidikan khususnya aksesibilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Selama ini sarana penunjang proses belajar mengajar atau aksesibilitas dilingkungan kampus belum sepenuhnya menyentuh semua pihak, misalnya penyandang disabilitas yang tidak bisa mencapai ruang kelas, perpustakaan, gazebo, toilet dan sebagainya akibat dari kurangnya aksesibilitas yang ramah terhadap penyandang disabilitas. Berdasarkan hal tersebut diatas, penelitian pada skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1). Bagaimana pelaksanaan hak-hak dasar bagi penyandang disabilitas menurut Pasal 9 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) di Universitas Brawijaya Malang? (2). Apa kendala yang dihadapi oleh Universitas Brawijaya dalam pemenuhan hak-hak dasar penyandang disabilitas bidang sarana pendidikan agar sesuai dengan Pasal 9 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) dan bagaimana solusinya? Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis-empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Kemudian menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis dan akan dianalisis dengan menggunakan teknik interpretasi teleologis atau sosiologis dengan interpretasi yang berpandangan makna dari sebuah peraturan harus diimplementasikan dimasyarakat khususnya dalam hal ini mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pelaksanaan hak-hak dasar bagi penyandang disabilitas menurut Pasal 9 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) di Universitas Brawijaya Malang meliputi membangun aksesibilitas dilingkungan Universitas Brawijaya yang ramah terhadap penyandang disabilitas, menyediakan akomodasi bagi penyandang disabilitas, melakukan penelitian tentang isu-isu disabilitas dan meningkatkan sensitivitas civitas akademika Universitas Brawijaya terhadap isuisu disabilitas dan penyandang disabilitas.