Analisis Pengaruh Kemasan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Stik Tahu Menggunakan Metode Regresi Logistik di UD. GTT, Kediri

Main Author: Natan, Dibya Satwhika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11151/
Daftar Isi:
  • Kota Kediri merupakan kawasan perkotaan yang sedang berkembang dan terdapat banyak unit-unit usaha industri. Salah satu badan usaha yang memproduksi tahu adalah UD. Gudange Tahu Takwa (GTT). Hasil olahan dari tahu yang memiliki daya jual yang tinggi yaitu stik tahu. Kemasan plastik yang digunakan oleh UD. GTT berwarna putih transparan, tulisan yang digunakan untuk komposisi produk terlihat samar. Informasi tentang manfaat dan keunggulan produk kurang lengkap ditampilkan pada kemasan. . Harga stik tahu dari UD. GTT yaitu untuk berat 100 gram seharga Rp.10.500, harga setiap kemasan tersebut dianggap lebih mahal dibandingkan produk lain. Promosi yang dilakukan UD. GTT masih sederhana yaitu dengan memberikan bonus jika membeli dengan jumlah produk tertentu. Untuk menarik dan memenuhi permintaan konsumen serta menghadapi persaingan dalam industri stik tahu, maka UD. GTT perlu meningkatkan kualitas kemasan yang menarik, penentuan harga, dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemasan, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta mengetahui variabel yang signifikan terhadap keputusan pembelian stik tahu di UD. GTT Metode yang dapat diterapkan dalam analisis pengaruh kemasan, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah regresi logistik. Tujuan dari metode ini adalah memperoleh model yang baik dan sederhana yang menggambarkan variabel respon dengan sekumpulan variabel prediktor. Variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini adalah keputusan pembelian dan variabel bebas yang digunakan adalah kemasan, harga, dan promosi. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 97 kuesioner yang diisi oleh responden yang keluar dari outlet penjualan UD. GTT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemasan, harga, dan promosi dapat dijelaskan oleh model sebesar 75,7% dan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model misalnya tempat dan segmentasi. Variabel kemasan, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian stik tahu di UD. GTT karena memiliki nilai signifikasi kurang dari 0.05.. Bagi penelitian selanjutnya, hendaknya melakukan penelitian dengan menambahkan variabel lain seperti produk, orang, tempat, segmentasi.