Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Value dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Madam Wang Secret Garden Cafe Malang)

Main Author: Sari, Tia Vera Tanjung
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11131/
Daftar Isi:
  • Bisnis boga atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah bisnis kuliner, merupakan jenis usaha yang selalu marak ditawarkan di kota Malang. Madam Wang Secret Garden merupakan salah satu café yang memiliki store atmosphere yang kuat. Madam Wang Secret Garden mengusung konsep garden di area outdoor dan ruangan shabbychic indoor. Tempatnya yang photoable, menjadi salah satu keunggulan café and resto ini di mata konsumen untuk memutuskan datang ke cafe ini. Namun saat ini mulai banyak pesaing yang juga memiliki konsep store atmosphere yang unik seperti Alice Tea Room, dan Camilo Cafe. Dengan demikian Madam Wang Secret Garden sebaiknya memperhatikan kesukaan konsumen (hedonic value) dan memperhatikan hal apa yang dapat meningkatkan sisi positif emosi konsumen sehingga mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap hedonic value dan keputusan pembelian. Ruang lingkup penelitian ini berfokus pada instore atmosphere, outstore atmosphere, hedonic value, dan keputusan pembelian. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan rentang usia 17-49 tahun yang sudah pernah datang dan membeli produk. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Selanjutnya penelitian diolah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa outstore atmosphere yang semakin baik dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hedonic value. Instore atmosphere juga mampu mempengaruhi hedonic value konsumen secara signifikan. Outstore atmosphere memberikan yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sebaliknya instore atmosphere memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hedonic value mampu menjadi determinasi hubungan antara outstore atmosphere terhadap keputusan pembelian secara full mediated. Hedonic value dapat memediasi secara parsial hubungan instore atmosphere terhadap keputusan pembelian. Variabel hedonic value diketahui memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang ada di Madam Wang Secret Garden.