Efektifitas Pelaksanaan Pasal 3 Huruf Ckeputusan Menteri No. Kep-117 / M-MBU / 2002 Tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pada Badan Usaha Milik Negara
Main Author: | RendraDesyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/109667/1/050602566.pdf http://repository.ub.ac.id/109667/ |
Daftar Isi:
- Kaedah Tata kelola Perusahaan yang Baik/Good Corporate Governance pada perusahaan merupakan pedoman bagi korporasi sebagai sistem pengelolaan BUMN yang sehat. Prinsip Good Corporate Governance mulai diterapkan sejak terjadi krisis moneter di Indonesia agar BUMN tersebut tetap eksis, namun tidak semua BUMN menggunakan pedoman tata kelola yang baik tersebut. Untuk itu dikeluarkan KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan Praktik Good Corporate Governance pada BUMN. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dapat ditarik rumusan masalah : 1. Apakah efektifif pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang ?; 2. Bagaimana upaya yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia Malang dalam menanggulangi hambatan efektifitas pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Selain itu penelitian ini juga memakai pendekatan studi kasus (case study ). Lokasi penelitian dilakukan di P.T Pos Indonesia (Persero) Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Data Primer, (2) Data Sekunder, Data Primer bersumber dari hasil penelitian lapang (empirik) yang berupa hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait dengan permasalahan yang diteliti oleh peneliti di P.T Pos Indonesia (Persero) Malang, Data Sekunder bersumber dari penelusuran kepustakaan (literatur). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : untuk data primer dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, Data Sekunder diperoleh dari library research (studi kepustakaan). Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari penulisan ini adalah Pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang belum berjalan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kendala baik dalam substansi (belum mampu mendorong P.T Pos Indonesia Malang dalam membuat keputusan. kebijakan dan menjalankan tindakan manajerial yang dilandasi oleh nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial organisasi), struktur (kurang mampunya sumber daya manusia yang tersedia di P.T Pos Indonesia Malang) dan budaya (budaya kerja di P.T Pos Indonesia Malang belum menunjukkan budaya organisasi yang profesional). Upaya PT. Pos Indonesia Malang dalam menanggulangi hambatan efektifitas pelaksanaan pasal 3 huruf c KEPMEN No. KEP-117/M-MBU/2002 Tentang penerapan praktik Good Corporate Governance untuk meningkatkan akuntabilitas pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang dengan cara : (a). Melakukan Pendidikan dan pelatihan bagi pegawai., (b). Melakukan monitoring atau pengamatan secara periodik dan kontinu mengenai kewajiban dan tanggung jawab Direksi Perusahaan dalam melaksanakan tugasnya., (c). Pihak P.T. Pos Indonesia Malang merespon dan melayani apa yang menjadi kepentingan dan harapan masyarakat. (d). Adanya kordinasi secara menyeluruh serta kerjasama yang baik antara pemegang saham, Dewan Komisaris serta direksi perusahaan, dengan melakukan rapat setiap bulan terhadap hasil yang telah dicapai dan apabila ada kesalahan dapat segera diminimalisir. (e). Mencegah kelalaian yang mungkin terjadi.