Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sap Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Individu (Studi Pada Kantor Direksi Pt Perkebunan Nusantara X)
Main Author: | Berlianti Hapsari, Meilania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/109636/7/SKRIPSI_MEILANIA_BERLIANTI_HAPSARI_135020301111001.pdf http://repository.ub.ac.id/109636/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna Enterprise Resource Planning (ERP), khususnya aplikasi System Application and Products in Data Processing (SAP) dengan mengadaptasi model kesuksesan sistem informasi yang dikembangkan oleh DeLone dan McLean (2003) dan Myers (1997). Penelitian dilakukan di Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara X, Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 65 orang karyawan yang menggunakan SAP dalam kegiatan operasionalnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan oleh peneliti adalah SmartPLS 2.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SAP, sedangkan kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna SAP. Dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa kepuasan pengguna SAP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja individu pada Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara X, Surabaya.