Pengaruh Servicescape Terhadap Customer Satisfaction (Studi Pada Wisata Alive Museum Ancol Jakarta)
Main Author: | Melindasari, Dearahma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/109594/1/DEARAHMA_MELINDASARI_135020201111003.pdf http://repository.ub.ac.id/109594/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Untuk manganalisis pengaruh servicescape yang meliputi kondisi lingkungan, tata ruang, kenyamanan tempat duduk, dekorasi interior, dan kebersihan terhadap kepuasan wisatawan pada Alive Museum Ancol Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan 150 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan Skala Likert lima poin. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Untuk menentukan besarnya hubungan dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan model analisis regresi linier berganda, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dekorasi interior yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan wisatawan pada Alive Museum Ancol Jakarta. Sedangkan kondisi lingkungan, tataruang, kenyaman tempat duduk, dan kebersihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan wisatawan pada Alive Museum Ancol Jakarta. Melalui koefisien determinasi, kepuasaan wisatawan Jakarta dijelaskan sebesar 12% oleh kondisi lingkungan, tata ruang, kenyamanan tempat duduk, dekorasi interior, dan kebersihan.