Analisis Rantai Nilai Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Cv.Tri Jaya Motor Pare

Main Author: DwiWicaksono, Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/109508/1/Analisis_ranti_nilai_untuk_meingkatkan_keunggulan_kompetitif.pdf
http://repository.ub.ac.id/109508/
Daftar Isi:
  • Perkembangan industri otomotif (motor) di Kabupaten Kediri saat ini masih sangat pesat. Hal ini terlihat dengan kemunculan dealer-dealer motor resmi yang membuat persaingan bisnis semakin ketat. Adanya persaingan ini mendorong perusahaan untuk mempertahankan posisi bersaingnya dalam pasar yang sama dengan mengembangkan aktifitas-aktifitas penghasil kompetensi inti yang dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi usahanya. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data berupa kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapaun tehnik analisis data dengan menggunakan alat analisis rantai nilai dengan mendasarkan pada faktor strategi internal yang terdiri dari: perbandingan dengan pesaing, perbandingan dengan kinerja masa lalu, faktor-faktor sukses dalam industri, dan tahapan dalam evolusi industri yang nantinya dapat diketahuinya keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis rantai nilai, aktifitas primer yang paling berperan dalam pengembangan CV.Tri Jaya Motor yaitu aktifitas Operasi perusahaan. Adapun aktifitas sekunder yang berperan kuat dalam pengembangan perusahaan adalah Manajemen Sumber Daya Manusia. Sedangkan aktifitas yang memenuhi kriteria untuk menjadi kompetensi inti dan menjadi keunggulan kompetitif CV.Tri Jaya Motor adalah aktifitas Penjualan dan Promosi pada aktifitas primer dan Manajemen Sumber Daya Manusia pada aktifitas sekunder.