Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Mahasiswa Terhadap Kode Etik Akuntan Publik (Studipada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui tentang pengaruh perilaku belajar, kecerdasanemosional, aktivitaskemahasiswaan, genderdanreligiusitasterhadappemahamankodeetikakuntanpublik, sehinggadapatdiketahuifaktor-faktorapasaja yang mempengaruhipemahamanmahasiswaterhadapkodeetikakuntanpublik. Jumlahsampelsebesar 87 mahasiswadidapatkandariperhitunganrumus Yamane. Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodekuantitatifdengansumber data primer melaluipenyebarankuesioner. Alatanalisis yang digunakanadalahPartial Least Square (PLS) melalui program SmartPLS, dimanadapatdiketahuiapakahadahubunganantaraperilakubelajar, kecerdasanemosional, aktivitaskemahasiswaan, gender, danreligiusitasterhadappemahamankodeetikakuntanpublik. Semakintinggiperilakubelajarmahasiswamakadiharapkansemakintinggi pula tingkatpemahamankodeetikakuntanpublik. Begitu pula dengankecerdasanemosional, aktivitaskemahasiswaan, genderdanreligiusitas. Hasildaripengumpulandanpengolahan data didapatkanhasilbahwadarilimavariabelindependen, tigadiantaranyayaituperilakubelajar, kecerdasanemosional, religiusitasterbuktiberpengaruhpositifterhadappemahamankodeetikakuntanpublik. Sedangkanduavariabellainnyayaituaktivitaskemahasiswaandangendertidakberpen garuhterhadapkodeetikakuntanpublik. Hasilperhitungan R square didapatkanhasilsebesar 0.5097. Skortersebutmenjelaskanbahwavariabeldependendalampenelitianiniyaitupemaham ankodeetikakuntanpubliksebesar 51% dijelaskanolehvariabelindependenperilakubelajar, kecerdasanemosional, aktivitaskemahasiswaan, gender, danreligiusitas. Sedangkan 49% sisanyadijelaskanolehvariabel lain diluar model penelitian.