Pengaruh Harga, Daya Tarik Pesaing, Dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Perpindahan Merek Dari Smartphone Samsung Di Kota Malang

Main Author: Cen, MarsellinaHedyFatdiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/109242/1/Marsellina_Hedy_F.C.pdf
http://repository.ub.ac.id/109242/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi dapat ditandai dengan munculnya smartphone dengan berbagai macam merek. Dengan banyaknya merek smartphone, akan menimbulkan kecenderungan konsumen untuk melakukan perpindahan merek. Perpindahan merek dapat disebabkan oleh harga, daya tarik pesaing, dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, daya tarik pesaing dan keterlibatan konsumen terhadap perpindahan merek dari smartphone Samsung di kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan kepada 120 responden yang telah melakukan perpindahan merek smartphone Samsung ke merek smartphone lain. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa daya tarik pesaing berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek sedangkan harga dan keterlibatan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek.