Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Di Dalam Memilih Jenis Bank (Studi Kasus Masyarakat Kota Malang)

Main Author: Hambali, Victor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/109239/1/skripsi-Victor_Hambali.pdf
http://repository.ub.ac.id/109239/
Daftar Isi:
  • Pada dasarnya masyarakat yang berperan sebagai nasabah yang diperlukan oleh sebuah perbankan memiliki sikap dan minat yang berbeda-beda dalam memilah dan memilih suatu jenis bank. Dalam mengambil suatu keputusan di dalam memilih jenis bank, peran internal yang menjadi variabel bebas seperti pengetahuan, persepsi, religiusitas serta pertimbangan ekonomi nasabah sangatlah mendominasi. Pasalnya, seberapa pun besar pengaruh eksternal yang diberikan kepada nasabah tentunya akan kembali lagi pada seberapa besar pengetahuan dan persepsi akan informasi tentang perbankan yang akan digunakan serta pengaruh internal lain seperti religiusitas dan pertimbangan ekonomi sebelum memasuki tahap selanjutnya yaitu pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil regresi logistik ditemukan bahwa faktor pengetahuan, persepsi dan pertimbangan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah di dalam memilih jenis bank. Sedangkan faktor religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan.