The Influences Of Perceived Risk, Perceived Ease Of Use, Subjective Norm, And Trust Towards Intention Of Using E-Banking

Main Author: Dhaneswara, Hafidz
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/109152/1/minor_thesis_compilation.pdf
http://repository.ub.ac.id/109152/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti tentang pengaruh persepsi risiko, persepsi kemudahan penggunaan, norma subjektif dan kepercayaan terhadap niat menggunakan e-banking. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 273 mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif tahun ajaran 2015/2016 diperoleh dengan menggunakan nonprobability sampling. Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dan menggunakan program SPSS untuk menguji penelitian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa risiko yang dirasakan memiliki efek negatif dan signifikan terhadap niat pelanggan untuk menggunakan e-banking. Persepsi kemudahan penggunaan, norma subjektif, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat seseorang untuk menggunakan e-banking. Penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko memiliki keterkaitan dengan kepercayaan konsumen untuk menggunakan e-banking. Variabel yang paling berpengaruh pada niat konsumen untuk menggunakan e-banking adalah persepsi kemudahan penggunaan. Implikasi dari penelitian ini sebagai referensi bagi perusahaan perbankan dalam meningkatkan kualitas dan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan pelanggan dalam menggunakan e-banking terkait dengan faktor persepsi risiko, persepsi kemudahan penggunaan, norma subjektif dan kepercayaan.