Pengaruh Ekuitas Merek Dan Citra Merek Internasional Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Kosmetik Merek Internasional Di Kota Malang)

Main Author: Novironica, VicaIndras
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/109111/1/VICA_INDRAS_N.pdf
http://repository.ub.ac.id/109111/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas Merek dan Citra Merek Internasional terhadap keputusan pembelian (studi pada mahasiswa pengguna kosmetik merek internasional di Kota Malang). Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Ekuitas Merek (X1) dan Citra Merek Internasional (X2). Sedangkan variabel dependennya yaitu Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kausal komparatif dengan sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh dari rumus Roscoe. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for Windows. Sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa, secara simultan variabel ekuitas merek dan citra merek internasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa dengan signifikansi sebesar 0,00. Secara parsial, variabel ekuitas merek dan citra merek internasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi masing-masing sebesar 0,004 dan 0,008. Dari kedua variabel bebas tersebut, diketahui bahwa variabel ekuitas merek (X1) memiliki pengaruh dominan sebesar 0,333 terhadap keputusan pembelian kosmetik merek internasional oleh mahasiswa di Kota Malang. Sedangkan citra merek internasional memiliki pengaruh 0,302. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,337. Nilai R square tersebut bermakna bahwa 33,7% perilaku keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel ekuitas merek dan citra merek internasional, sedangkan 66,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kedua variabel bebas yaitu Ekuitas Merek (X1) dan Citra Merek Internasional (X2) memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan variabel Ekuitas Merek (X1) merupakan variabel yang lebih besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kosmetik merek internasional oleh mahasiswa di Kota Malang.