Pengaruh Brand Reputation, Brand Predictability, Brand Competence, Trust In Company, Brand Liking Terhadap Trust In Brand Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Loyalty Pada Pengguna Motor Kawasaki Seri Ninja

Main Author: Pradana, DonyAndika
Format: Thesis NonPeerReviewed Lainnya
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/109055/1/Skripsi_Dony_A.P_105020200111042.PDF
http://repository.ub.ac.id/109055/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand reputation, brand predictability, brand competence, trust in company, brand liking terhadap trust in brand dan pengaruhnya terhadap brand loyalty (studi pada pengguna motor Kawasaki seri Ninja di wilayah Kediri) baik secara simultan maupun parsial serta pengaruh langsung dan tidak langsung baik terhadap trust in brand maupun brand loyalty. Sampel penelitian adalah sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling menggunakan purposive sampling dimana pengambilan sampel ditentukan berdasarkan pertimbangan tertentu. Alat uji yang digunakan dalam menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Reputation (X1), Brand Predictability (X2), Brand Competence (X3), Trust in Company (X4),dan Brand Liking (X5) berpengaruh secara simultan terhadap variabel trust in brand (Y1). Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,796 yang artinya 79,6 % mempengaruhi variabel trust in brand (Y1) sedangkan sisanya sebesar 20,4 % dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang telah ditentukan. Selain itu variabel trust in brand (Y1) berpengaruh secara terhadap variabel brand loyalty (Y2). Hal ini ditunjukkan dengan nilai Standard Coefficients Beta sebesar 0,418 yang artinya 41,8 % mempengaruhi variabel brand loyalty (Y2) sedangkan sisanya sebesar 58,2 % dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang telah ditentukan. Selain variabel di atas masih ada beberapa kemungkinan variabel lain yang dapat mempengaruhi konsumen dalam hal trust in brand dan brand loyalty seperti company reputation, company perceived motives, company integrity, similarity between consumer self-concept and brand personality company reputation, brand experience, brand satisfaction, peer suport.