Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Pada Drama Kasuka Na Kanojo Karya Sutradara Keiichiro Shiraki

Main Author: Masya, Rizki Nafila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10900/
Daftar Isi:
  • Seorang guru bukan hanya sebagai pentransfer ilmu saja tapi, seorang guru berperan sangatlah penting dalam kegiatan belajar mengajar dan menciptakan lingkungan yang mendukung di dalam kelas untuk terjadinya proses belajar mengajar. Seorang guru juga harus memiliki keterampilan khusus guna menciptakan pembelajaran yang efektif salah satu keterampilan yang di butuhkan seorang guru adalah manajemen kelas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengadakan studi tentang peran guru dalam manajemen kelas yang diterapkan dalam drama Kasuka Na Kanojo Karya Sutradara Keiichiro Shiraki yang menceritakan tentang perjuangan seorang guru yang bernama Kamiyama Sensei untuk mengajar di SMP Ohara Selatan, yaitu kelas 3-2. Adapun penelitian ini memiliki fokus penelitian, yaitu peran guru dalam manajemen kelas yang diterapkan oleh Kamiyama Sensei dikelas 3-2 SMP Ohara Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi non partisipan. Data dalam penelitian ini berupa dialog, monolog, serta aktifitas Kamiyama Sensei dan para pemain pada drama Kasuka Na Kanojo Karya Sutradara Keiichiro Shiraki yang dianalisis menggunakan teori peran guru oleh Suparlan (2005:25) dan teori komponen-komponen keterampilan manajemen kelas oleh Euis Karwati dan Donni Juni Priansa (2015:32-34). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) peran guru yang diterapkan oleh Kamiyama Sensei dalam drama Kasuka Na Kanojo cukup bervariasi, namun peran guru yang paling menonjol yaitu peran guru sebagai pendidik (2) manajemen kelas yang menonjol dalam drama ini yaitu adalah sikap tanggap yang di lakukan oleh Kamiyama Sensei pada peserta didiknya, memberi penguatan serta menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. Untuk penelitian Selanjutnya disarankan menggunakan teori psikologi pendidikan kerena terdapat banyak permasalah pada peserta didik yang tertekan pada tuntutan orang tua sehingga menyebabkan perilaku buruk yang terjadi disekolah.