Pengaruh Kepribadian Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maybelline (Studi Kasus Pada Mahasiswi S1 Universitas Brawijaya)

Main Author: Fauziah, Alvina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108898/
Daftar Isi:
  • Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan seorang wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian merek (X1) yang terdiri dari ketulusan, daya tarik, keunggulan, kesempurnaan dan faktor promosi penjualan (X2) yang terdiri dari sampel, promosi potongan harga, kupon, dan perlombaan terhadap keputusan pembelian (Y) produk kosmetik yaitu Maybelline. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswi aktif S1 Universitas Brawijaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian merek (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Promosi penjualan (X2) juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) produk Maybelline. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepribadian merek mempunyai pengaruh dominan dibandingkan dengan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian.