Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Keamanan Web, dan Informasi Online Banking Terhadap Minat Individu Menggunakan Internet Banking
Main Author: | Arizona, Yogastyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/108832/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu menggunakan internet banking dengan faktor persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan web, dan informasi online banking dengan menggunakan pendekatan modifikasi Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini dilakukan di tiga bank BUMN yaitu Mandiri, BNI, dan BRI yang berada di kota Sidoarjo dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh sampel sebanyak 200 nasabah bank Mandiri, BNI, dan BRI di kota Sidoarjo yang menggunakan internet banking dan menggunakan alat uji Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan web , dan informasi online banking berpengaruh kuat terhadap minat penggunaan internet banking. Hal ini dapat disimpulkan bahwa minat untuk menggunakan internet banking dapat dipengaruhi oleh persepsi kegunaan, persepsi kemudahaan penggunaan, persespsi keamanan web, dan informasi online banking. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen bank agar memperhatikan kembali faktor kegunaan, kemudahan penggunaan, keamanan web, dan informasi mengenai online banking dalam menerapkan dan mengembangkan sistem internet banking menjadi lebih baik dan dapat menarik banyak nasabah untuk menggunakan.