Efektivitas Penggunaan Media Aplikasi Handphone Bahasa Jepang Berbasis Android Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Di SMAN 4 Malang
Main Author: | Banun, Fitra Bilda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10876/ |
Daftar Isi:
- Kosakata memiliki peranan yang sangat penting dalam pengajaran bahasa. Pada pendidikan formal, pembelajaran kosakata hanya difokuskan pada buku pelajaran yang disediakan di sekolah. Hal tersebut dirasa tidak cukup karena dibutuhkan pula media belajar yang bervariasi dan sesuai dengan perkembangan zaman, agar materi yang dipelajari dapat dengan mudah dipahami pembelajar. Pada kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 4 Malang yaitu siswa masih merasa kesulitan mempelajari kosakata baru dengan jumlah banyak, siswa sering lupa kosakata yang telah dipelajari dan siswa sering lupa membawa buku. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menciptakan sebuah aplikasi handphone berbasis android bahasa Jepang. Aplikasi Handphone Bahasa Jepang adalah sebuah aplikasi offline untuk membantu pembelajaran kosakata bahasa Jepang yang bisa digunakan pada handphone berbasis android. Dala aplikasi tersebut terdapat berbagai macam kosakata yang dikategorikan kedalam beberapa sub bab, ditampilkan dalam huruf romaji dan dilengkapi suara pelafalan. Sistem pengoperasian aplikasi ini adalah seperti kamus elektronik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) melalui dua instrumen, yaitu tes terstruktur dan lembar respon siswa. Penelitian dilakukan dengan cara memberikan pretest, membagikan aplikasi, dan memberikan posttest. Teknik analisa data pada penelitian ini dibagi menjadi dua, pada tes terstruktur digunakan rumus Repeated Measure T-Test (Paired T-Test) dan pada lembar respon siswa digunakan sistem pemberian skor berdasarkan skala Linkert. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 4 Malang dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa yaitu 64,25 pada saat pretest menjadi 89,25 pada saat posttest. Dalam perhitungan t-test didapatkan hasil nilai t sebesar 4,36 lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan (db) sebesar 19. Selain itu berdasarkan perhitungan total jawaban angket diperoleh nilai sebesar 87,4% yang mempunyai kriteria sangat kuat. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media aplikasi bahasa Jepang berbasis android dianggap efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang tingkat dasar.