Pengaruh Hubungan Merek (Brand Relationship) Terhadap Perilaku Perpindahan Merek (Brand Switching Behavior) Smartphone Di Kota Malang

Main Author: Merbawani, RazzaqAkbar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108753/
Daftar Isi:
  • Terbukti bahwa industri smartphone dibanjiri oleh banyak merek, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan untuk berpindah dari satu merek ke merek lain. Penting bagi marketer untuk mengetahui bagaimana membuat konsumen tidak berpindah ke merek lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari hubungan merek (brand relationship) terhadap perilaku perpindahan merek (brand switching behavior) pada produk smartphone di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 100. Diambil dari populasi pengguna smartphone di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden adalah pengguna smartphone yang pernah melakukan pergantian merek smartphone minimal sebanyak satu kali. Pengujian instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Penelitian ini menunjukkan variabel brand relationship memiliki pengaruh secara negatif terhadap brand switching behavior. Artinya semakin besar nilai dari variabel brand relationship akan membuat nilai brand switching semakin rendah. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah nilai brand relationship akan membuat nilai brand switching semakin tinggi. Selain itu pada penelitian memperoleh hasil R2 sebesar 20,2%. Artinya brand relationship mempengaruhi sebesar 20,2% terhadap brand switching behavior, sisanya sebanyak 79,8% dipengaruhi oleh faktor lain.