Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Wisatawan Dalam Memilih Daya Tarik Wisata Ziara (Studi Pada Pengunjung Wisata Ziarah Makam Sunan Bonang)

Main Author: Tartar, Qibbar
Format: Thesis NonPeerReviewed Lainnya
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108639/1/SEKRIPSI_Faktor_Psikologis_%281%29.PDF
http://repository.ub.ac.id/108639/
Daftar Isi:
  • Seiring meningkatnya persaingan dalam dunia bisnis, telah menyebabkan kebutuhan psikologis sesorang terhadap dunia religius semakain meningkat. wisata ziarah sepertinya telah menjadi alternatif yang banyak di pilih orang untuk memenuhi kebutuhan psikologis seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (studi pada wisata ziarah makam Sunan Bonang di kabupaten Tuban). Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden yang di ambil dari populasi pengunjung yang datang ke makam Sunan Bonang di Tuban. Penelitian ini di lakukan pada tanggal 18 Mei 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling (acak). Alat uji yang di gunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis di lakukan dengan uji F dan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan berkunjung (Y) dipengaruhi oleh variabel motifasi (X1) sebesar 0.241, persepsi (X2) sebesar 0.256, pembelajaran (X3) sebesar 0.060, kepercayaan dan sikap (X4) sebesar 0.318. Penelitian ini menunjukkan pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap sebesar 57,1% terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Berdasarkan uji F dapat diketahui bahwa motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap berpengaruh simultan terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa motivasi, persepsi keprcayaan dan sikap kecuali pembelajaran ternyata berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung, sedangkan kepercayaan dan sikap berpengaruh dominan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Pemerintah kabupaten Tuban sebagai pengelola makam Sunan Bonang agar semakin giat dalam mempromosikan wisata ziarah Sunan Bonang, serta meningkatkan kegiatan keagamaan di lingkungan makam Sunan Bonang supaya mampu menarik perhatian konsumen lain untuk berziarah ke makam Sunan Bonang