Pengaruh Persepsi Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi pada Pengguna iPhone 5S di Kota Malang)
Main Author: | Nugroho, RidhoRian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/108632/1/SKRIPSI_-_FEB_UB_-_RIDHO_RIAN_115020200111098.pdf http://repository.ub.ac.id/108632/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone, khususnya pada merek Apple iPhone 5S di Kota Malang, baik secara simultan maupun parsial serta mengetahui dan menganalisis variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini didasarkan pada data statistik penjualan smartphone pada kuartal kedua 2015. Apple menjadi smartphone yang paling diminati dibanding pesaingnya, sehingga perlu ditelusuri variabel apakah yang perlu diperhatikan dalam kaitannya untuk dapat menentukan strategi dalam memenangkan persaingan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik insidental sampling yang mendapatkan 113 sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna atau konsumen smartphone merek Apple iPhone 5S di Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara kuesioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasilnya, berdasarkan pada penghitungan analisis regresi linier berganda, dapat diketahui pengaruh secara simultan (bersama-sama) tiap variabel bebas terhadap Keputusan Pembelian dilakukan dengan pengujian F-test. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan pada hasil uji t-test didapatkan bahwa variabel bebas (Persepsi Merek (X1) dan Kualitas Produk (X2)) mempunyai pengaruh signifikan secara individu (parsial) terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Kualitas Produk mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel Kualitas Produk mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel Kualitas Produk mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian.