Audit Operasional Fungsi Pemasaran Sebagai Upaya Penilaian Efisiensi Dan Efektivitas Pada Museum Satwa Di Kota Batu”
Daftar Isi:
- Propinsi Jawa Timur, khususnya Kota Batu dengan potensi daerah yang ada telah berbenah diri untuk menjadi kota tujuan utama wisata sesuai dengan program pengembangan wisata kota yang telah dicanangkan oleh Pemkot Batu. Dengan adanya Museum Satwa untuk melengkapi objek wisata yang lain yang sudah ada seperti Jatim Park I dan BNS, diharapkan agar warga Kota Batu tidak perlu jauh-jauh keluar dari Kota Batu untuk sekedar mencari objek wisata, membantu Pemkot Batu untuk mengurangi jumlah pengangguran, untuk mengembangkan pemerataan pembangunan, dan juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Namun kurangnya minat masyarakat untuk mengunjungi museum menjadi salah satu masalah yang dihadapi Museum Satwa agar bisa menjaga jumlah pengunjung yang datang setiap harinya. Oleh karena itu, penerapan strategi manajemen yang tepat dalam pengelolaan bisnis wisata khususnya dibidang pemasaran harus dilakukan oleh manajemen Museum Satwa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan pengumpulan data dengan interview dan dokumentasi di Museum Satwa secara langsung. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Terperinci Analisis Deskriptif Kualitatif dengan 3 elemen, yaitu Criteria, Causes, dan Effect terhadap 6 aspek perusahaan untuk menganalisis keefisiensian dan keefektivitasan kegiatan pemasaran Museum Satwa dari segi audit operasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selama 4 tahun terakhir semenjak didirikan, Museum Satwa Batu secara keseluruhan telah menjalankan kegiatan pemasarannya dengan baik, efektif dan efisien namun ada beberapa hal yang harus mendapatkan perbaikan karena dampaknya terkait dengan tujuan utama pemasaran yang dilakukan manajemen Jatim Park 2 khususnya Museum Satwa untuk mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Dengan keadaan tersebut, Museum Satwa Batu hendaknya mempertahankan kinerja pemasarannya dan terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan prima untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pengunjung dan juga untuk efisiensi agar mendapatkan hasil kerja yang lebih efektif.