Pengaruh Customer Satisfaction Dan Switching Barriers Terhadap Customer Loyalty (Studi Pada Toko Buku Togamas Malang)

Main Author: Nurmansyah, DoniAlief
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108387/1/PENGARUH_CUSTOMER_SATISFACTION_DAN_SWITCHING_BARRIERS_TERHADAP_CUSTOMER_LOYALTY.pdf
http://repository.ub.ac.id/108387/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer satisfaction dan switching barriers terhadap customer loyalty Toko Buku Togamas Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian sebanyak 90 responden yang diambil dari populasi pelanggan Toko Buku Togamas Malang. Penelitian dilakukan di Toko Buku Togamas Malang pada bulan Juli 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun, lebih dari 1 kali berbelanja di Toko Buku Togamas Malang, dan berbelanja di Toko Buku Togamas Malang berdasarkan keputusan sendiri. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel customer loyalty (Y) dipengaruhi oleh variabel customer satisfication (X1) sebesar 0,467 dan switching barriers (X2) sebesar 0,324. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi kedua variabel bebas yaitu customer satisfaction dan switching barriers sebesar 46,7% terhadap variabel terikat yaitu customer loyalty. Berdasarkan uji F dapat diketahui bahwa secara simultan customer satisfaction dan switching barriers berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa secara parsial customer satisfaction dan switching barriers berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty, sedangkan customer satisfaction berpengaruh dominan terhadap customer loyalty.