Faktor – Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Perumahan (Studi Ekploratoris Pada Konsumen Ijen Nirwana Residence Malang)
Main Author: | Widhiatmana, Eden |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/108319/1/Faktor-Faktor_yang_Dipertimbangkan_Konsumen_dalam_Pembelian_Perumahan_%28Studi_Eksploratori_pada_Konsumen_Ijen_Nirwana_Residence_Malang%29.pdf http://repository.ub.ac.id/108319/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian pada Perumahan Ijen Nirwana Residence, Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian fenomenologi untuk menggali persepsi dan pengalaman para konsumen perumahan Ijen Nirwana Malang dalam kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian perumahan. Penelitian ini menggunakan informan sebanyak 5 orang yang diambil dari konsumen perumahan Ijen Nirwana. Pengambilan informan menggunakan “teknik snowball sampling” dengan cara menentukan key person tertentu dengan syarat informasi yang telah disesuaikan dengan fokus penelitian. Key person adalah orang yang mengerti dan bertindak sebagai pelaku di dalam obyek penelitian. Untuk mendapatkan keabsahan data, peneliti melakukan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (objektivitas). Penelitian menjelaskan bahwa dari seluruh faktor (harga, pelayanan, lokasi, rasa bangga dan suasana) yang dipertimbangan konsumen dalam pembelian rumah di perumahan Ijen Nirwana, faktor lokasi yang strategis merupakan faktor yang paling dijadikan pertimbangan konsumen dalam pembelian rumah di perumahan Ijen Nirwana Malang.