Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Kunjungan Kembali Ke Tempat Tujuan Wisata (Studi Pada Wisatawan Di Kota Batu)
Main Author: | Cahyani, NinikAris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/108291/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh city branding terhadap keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner terhadap semua orang yang pernah mengunjungi objek wisata Kota Batu. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, diperoleh temuan bahwa variabel lingkungan yang bersih (X1), keamanan (X2), alam (X3), belanja (X4), kendaraan (X5), ikatan sosial (X6), sikap terhadap merek kota (X7), berpengaruh simultan dan signifikan terhadap variabel keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata. Artinya ketujuh variabel tersebut merupakan faktor yang berpengaruh secara bersama-sama bagi keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata Kota Batu. Variabel lingkungan yang bersih (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata Kota Batu. Variabel sikap terhadap merek Kota (X7) berpengaruh dominan terhadap keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata di Kota Batu.