Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Perspsi Keyakinan, Persepsi Kredibilitas, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Banking

Main Author: Farida, Uun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108284/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam menggunakan layanan electronic banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini menggunakan metode survey untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak 195 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan layanan electronic banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS versi 2.0M3. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kredibilitas berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan elektronic banking. Sebaliknya konstruk persepsi kemudahan, persepsi keyakinan dan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan elektronic banking. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis electronic banking agar memperhatikan kembali faktor kemudahan penggunaan dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi electronic banking pada sistem perbankannya.