Pengaruh Kecocokan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan e-money

Main Author: Novitasari, Iva
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108249/1/Iva_Novitasari_115020307111062_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/108249/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu menggunakan e-money. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh sampel sebanyak 219 orang Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang menggunakan e-money dan menggunakan alat uji Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk sikap berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan e-money, serta konstruk kecocokan, persepsi kegunaan dan persepsi kenyamanan berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan e-money. Sebaliknya, konstruk persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya e-money. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan e-money dipengaruhi oleh sikap, serta variabel sikap dipengaruhi oleh kecocokan, persepsi kemudahan dan persepsi kenyamanan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen bank agar memperhatikan kembali faktor sikap, kecocokan, kegunaan dan kenyamanan dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi menggunakan e-money pada sistem pembayaran.