Perencanaan Strategi Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Pada Caferesto Omah Iwak Malang

Main Author: Supriono, Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108240/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, dan misi, menganalisis lingkungan eksternal maupun internal. Dalam penelitian ini variabel analisa lingkungan eksternal yang dilakukan adalah faktor ekonomi, faktor sosial budaya (demografis dan pendidikan), dan faktor teknologi, sedangkan analisis lingkungan internal melalui pendekatan fungsional yang melandasi perumusan strategi (Pemasaran, Keuangan, Operasional, dan Sumber Daya Manusia) serta mengetahui bagaimana penerapan strategic planning yang didasarkan pada analisa kerangka kerja empat langkah dan enam prinsip blue ocean strategy pada Caferesto Omah Iwak. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif eksploratif (explorative descriptive research) dengan pendekatan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui teknik triangulasi yakni penggabungan beberapa metode pengumpulan data, yakni wawancara kepada pihak manajemen Caferesto Omah Iwak (internal), serta dokumentasi beberapa surat kabar, jurnal, buku, dan artikel (eksternal). Teknik analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif (naratif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategic planning dilakukan dengan mengetahui gambaran perusahaan ( visi dan misi Caferesto Omah Iwak) serta dengan memanfaatkan peluang dan kesempatan yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan dapat menerapkan inovasi nilai melalui kerangka kerja empat langkah H-K-T-C (hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan). Caferesto Omah Iwak menghapus kesan eksklusivitas dan faktor masakan favorit (nasi goreng, olahan Mie, ceker, dan Tahu Telur ). Selain itu, Caferesto Omah Iwak juga mengurangi lamanya waktu dalam proses pembuatan satu porsi makanan dan persediaan ikan hidup. Upaya peningkatan yang dilakukan oleh Caferesto Omah Iwak adalah sisi entertainment-nya dengan memberikan lomba memancing. Hasil dari kerangka kerja ini memunculkan fasilitas baru yang mengikuti perkembangan lingkungan dan upaya perluasan pasar bagi Caferesto Omah Iwak, dengan menghadirkan informasi mengenai gizi makanan dan minuman, diskon terstruktur, tambahan Meja bilyar, dan jasa delivery order. Untuk memasuki Blue Ocean, RM Caferesto Omah Iwak harus menerapkan enam prinsip Blue Ocean yang mendorong pelaksanaan strategi Blue Ocean Strategy, yakni: (1) Merekonstruksi batasan pasar, (2) Fokus gambaran besar, bukan pada angka, (3) Menjangkau pasar hingga tingkat non-konsumen, (4) Menjalankan rangkaian strategis secara benar, (5) Mengatasi rintangan organisasi, dan (6) Menjalankan eksekusi strategi.