Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indo

Main Author: Zanirah, DewiNur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108161/
Daftar Isi:
  • Berkembangnya isu tanggung jawab sosial (CSR) membuat pemerintah mengeluarkan Undang-Undang yang mewajibkan perusahaan di Indonesia untuk melakukan dan mengungkapkan CSR. Namun, Undang-Undang ini tidak mengatur bagaimana dan informasi apa saja yang harus diungkapkan. Hal ini membuat luas pengungkapan CSR yang dilakukan menjadi beragam dan hanya berlatar kebutuhan perusahaan untuk membentuk image baik di mata masyarakat. Melihat keadaan tersebut, penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan CSR dalam laporan tahunan, di antaranya ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 78 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2014 yang memenuhi kriteria sampel yang dibutuhkan. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris secara simultan berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Sedangkan secara parsial, ukuran perusahaan ditemukan berpengaruh positif, dan leverage berpengaruh negatif, sedangkan dua variabel yang lain ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan CSR. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR adalah ukuran perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris yang digunakan mampu menjelaskan 49,5% keragaman luas pengungkapan CSR.