Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah
Main Author: | Lestari, AlfiMulikhah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/108007/1/ALFI%20MUTLIKHAH%20LESTARI.pdf http://repository.ub.ac.id/108007/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, kepercayaan, pengetahuan, dan pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan sampel 50 responden mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang menjadi nasabah perbankan syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Data diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan IBM SPSS 22.0. dan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, kepercayaan, pengetahuan, dan pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah digunakan analisis faktor dengan alat uji IBM SPSS 22.0. Hasil analisis faktor menunjukan pengaruh religiusitas terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah kepatuhan agama sebesar 0,414 atau 41,4 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 2.136 atau 71.184 %. Pengaruh produk bank terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah produk yang inovatif sebesar 0,525 atau 52,5 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.641 atau 54.709 %. Pengaruh kepercayaan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah kemudahan bertransaksi sebesar 0,437 atau 43,7 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.886 atau 62.874 %. Pengaruh pengetahuan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah pengetahuan ilmiah sebesar 0,573 atau 57,3 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.308 atau 43.602 % dan pengaruh pelayanan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah penggunaan fasilitas yang mudah sebesar 0,474 atau 47,4 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.886 atau 62.874 %.