Factors Affecting The Attitude Toward Using Mobile Commerce: Modified Theory Of Technology Acceptance Model (Tam)

Main Author: Rahajeng, LilaWidya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107933/
Daftar Isi:
  • Studi penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi sikap penggunaan mobile commerce dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 244 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang menggunakan layanan mobile commerce. Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa sikap menggunakan layanan mobile commerce dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan dan juga konstruk usia tidak terpengaruh oleh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. Selain itu, gender tidak berpengaruh oleh persepsi kegunaan tapi berpengaruh terhadap persepsi kemudahan untuk menggunakan mobile commerce. Bahwa sikap untuk menggunakan mobile commerce dipengaruhi oleh konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan, dan juga persepsi kemudahan dipengaruhi oleh gender. Implikasi dari penelitian ini relevan dengan analis manajemen dan sistem untuk mempertimbangkan faktor-faktor manfaat dan dirasakan kemudahan penggunaan dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi mobile commerce. Selain itu, juga penting untuk mempertimbangkan faktor usia dan gender dalam mempengaruhi persepsi kegunaan dan faktor usia dalam mempengaruhi persepsi kemudahan.