Implementasi Pengukuran Kinerja Sektor Publik Dengan Metode Balanced Scorecard Dengan Perspektif Stakeholder (Studi Kasus Pada Rsud Dr Soetomo Surabaya)

Main Author: Hakim, AndikLukman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107887/
Daftar Isi:
  • Pengukuran kinerja merupakan tolok ukur kemajuan dalam pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard dengan perspektif Stakeholder. Obyek penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Perspektif Balanced Scorecard yang digunakan dalam penelitian ini adalah perspektif keuangan, perspektif stakeholder, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengukuran dilakukan dengan membandingkan antara realisasi dengan target atau kriteria ideal yang telah ditetapkan. Hasil perbandingan tersebut diberi skor untuk tiap indikator yang kemudian digunakan untuk skor tiap perspektif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rasio dari masing-masing perspektif semuanya berada di atas 1 yang berarti bahwa secara umum realisasi kinerja melebihi dari target yang telah ditetapkan. Sedangkan skor akhir menunjukkan bahwa perspektif stakeholder memiliki nilai paling tinggi dibandingkan perspektif lainnya. Hal ini sesuai dengan tujuan organisasi yang mengutamakan maksimalisasi pelayanan terhadap stakeholder. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kinerja organisasi secara umum dapat dikatakan baik.