Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pertanian Secara Online
Main Author: | Siburian, Jessy Priscilla Andani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10785/ |
Daftar Isi:
- Pesatnya perkembangan zaman dan semakin modernnya kehidupan mendorong berbagai macam perubahan sistem, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti sistem perdagangan, cara bertransaksi dan sistem pemasaran. Dahulu jika seseorang ingin membeli suatu produk atau barang maka haruslah bertemu dengan penjual produk tersebut, antara pembeli dan penjual haruslah bertatap muka hingga terjadinya suatu kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli atau yang sering disebut transaksi. Jangkauan antara penjual dan pembeli pun sangat terbatas, namun sekarang seiring kemajuan zaman dan teknologi, khususnya internet, semua keterbatasan jarak, waktu, dan biaya dapat teratasi dengan mudah. Internet adalah suatu platform yang menyediakan berbagai informasi tersebut dari berbagai tempat dan waktu. Melalui perangkat lunak ini banyak organisasi maupun individu memanfaatkannya dan membuat banyak situs untuk berdagang. Penggunaan internet di Indonesia tiap tahun selalu meningkat. Telah banyak situs ataupun melalui media sosial yang bermunculan guna membantu pengguna internet untuk leluasa beraktivitas. Aktivitas pengguna internet dalam era digital ini yang menjadi focus penelitian salah satunya adalah jual beli. Berkembangnya teknologi world wide web menyebabkan meningkatnya pemanfaatan internet sebagai peluang bisnis. Teknologi ini menawarkan kemudahan terhadap konsumen berupa pilihan informasi, pelayanan, dan pembelian yang sangat berpotensi meningkatkan pilihan, kesenangan dan mengurangi pengeluaran. Penggunaan internet untuk aktivitas jual beli ini disebut e-commerce. Tingginya perkembangan e-commerce di Indonesia membuat bisnis online terus diminati. Pembelian paling populer diindonesia adalah produk fashion kemudian penjualan tiket secara online dan penjualan game ataupun barang elektronik. Pebinis online mulai menemukan peluang yang semakin besar untuk memperoleh keuntungan. Salah satu produk yang mulai dipasarkan secara online adalah produk dari sektor pertanian. Pertumbuhan minat beli konsumen Indonesia akan produk pertanian disadari oleh banyaknya pemasar di e-commerce. Beberapa perusahaan maupun pemasar mulai menyadari adanya arah perubahan konsumen untuk memilih jalur online dalam pembelian. produk pertanian mulai banyak menghiasi pasar online. Produk pertanian seperti yang diketahui pula memiliki kelebihan dan kekurangan. Produk pertanian memiliki kendala cepat rusak dan beberapa harus dalam kondisi segar sehingga membutuhkan penanganan yang cepat pasca panen. Produk pertanian pula masih memliki harga yang fluktuatif yang berpengaruh terhadap tempat dan ketersediaannya di pasar. Sehingga hal ini pasti akan mempengaruhi perilaku konsumen online dalam mengambil keputusan untuk membeli secara online. Oleh sebab itu adanya pengkajian mengenai apakah yang menjadi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk-produk pertanian tersebut secara online. Metode penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online ini menggunakan faktor pengambilan keputusan menurut ahli dan studi pustaka terdahulu. Pengkajian penelitian ini menggunakan ii studi kasus secara online sehingga internet digunakan sebagai media penyebar kuisioner dan sebagai lokasi penelitian. Hasil penelitian akan diolah dan dikaji menggunakan alat analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi, ditemukan bahwa secara online bahwa faktor Sosial secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,090 < 0,05 sedangkan nilai thitung 1,721 < nilai ttabel 2,00100 tidak mempengaruhi. Faktor Pribadi dengan nilai signifikansi sebesar 0,469>0,05 sedangkan nilai thitung 0,729< nilai ttabel 2,00100. Faktor sosial memiliki indikator apakah pembelian tersebut dilakukan karena pengaruh dari keluarga dan lingkungan. Faktor sosial tersebut belum mampu dijelaskan oleh indikator tersebut. Dapat disimpulkan bahwa pembelian produk pertanian dilakukan tidak adanya pengaruhnya dari orang-orang sekitar yang setiap responden miliki. Sedangkan untuk faktor pribadi yang meliputi gaya hidup,usia, pekerjaan dan konsep diri memliki nilai thitung yang rendah. Dapat disimpulkan item tersebut belum mampu mempengaruhi setiap konsumen dalam melakukan pembelian produk pertanian secara online.