Pengaruh Preferensi Merek, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Shampoo Pantene (Studi Kasus pada Mahasiswi Konsumen Shampoo Pantene di Fakultas Ekonomi d
Main Author: | Putri, ReriRahmiOktasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/107817/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh preferensi merek, persepsi kualitas, persepsi harga dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang konsumen shampoo Pantene khususnya para mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 112 sampel yang diambil dari populasi konsumen shampoo Pantene di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dengan menggunakan uji F, uji t dan uji dominan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang ada, diperoleh temuan bahwa preferensi merek (X1), persepsi kualitas (X2) dan kepuasan pelanggan (X4) berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y). Artinya, ketiga variabel tersebut merupakan faktor yang berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen shampoo Pantene khususnya mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Sementara untuk variabel persepsi harga (X3) dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y). Artinya, variabel tersebut belum cukup bukti memiliki pengaruh yang nyata terhadap loyalitas konsumen. Adapun variabel yang memiliki pengaruh dominan dalam penelitian ini yaitu variabel kepuasan pelanggan (X4) terhadap minat beli ulang. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa semakin besar tingkat kepuasan pelanggan (X4) yang dirasakan konsumen shampoo Pantene maka semakin besar pula tingkat minat beli ulang konsumen (Y) pada shampoo Pantene.