Minat Keperilakuan Individu Menggunakan Sistem Online shopping: Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior

Main Author: Dewi, BethaKharisma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107686/1/SKRIPSI_FULL.pdf
http://repository.ub.ac.id/107686/
Daftar Isi:
  • Situs komersial memberikan layanan baru bagi konsumen untuk berbelanja produk jasa melalui sistem online shopping. Sitem belanja via internet ini semakin diminati oleh konsumen karena memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap, norma subjektif, dan minat untuk menggunakan layanan online shopping dengan memodifikasikan model Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis (1989) dan Theory of Planned Behavior (TPB) oleh Ajzen (1991) sebagai penggabungan dua model yang digunakan oleh Lin (2007) dan Bhattacherjee (2000). Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak 187 mahasiswa jurusan Akuntansi FEB universitas Brawijaya yang pernah menggunakan layanan online shopping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan mempengaruhi sikap serta konstruk pengaruh interpersonal dan pengaruh eksternal mempengaruhi norma subjektif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa konstruk sikap dan norma subjektif berpengaruh positif terhadap minat individu menggunakan sistem online shopping. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi desainer sistem dan penyedia layanan online shopping, untuk lebih memperhatikan sisi manfaat dan kemudahan dalam mendesain sistem, serta membangun citra positif saat mempromosikan sistem online shopping ini di masyarakat.