Analisis Sistem Informasi Akuntansi Atas Siklus Pendapatan Layanan Pemasangan Listrik Prabayar (Token)

Main Author: Rachmawanty, Beuthy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107610/1/SKRIPSI_BEUTHY_RACHMAWANTY_0810230051.pdf
http://repository.ub.ac.id/107610/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis sistem informasi akuntansi atas siklus pendapatan pemasangan listrik prabayar yang diterapkan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang. Siklus pendapatan layanan pemasangan listrik prabayar dimulai dari melakukan pendaftaran pelanggan baru listrik prabayar sampai dengan pihak PLN melakukan pemasangan meteran listrik hingga lampu menyala. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian dengan mengembangkan suatu konsep dan menghimpun fakta-fakta yang ada namun tidak menggunakan pengujian hipotesis. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran terhadap situasi dan keadaan yang ada. Data diperoleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini kemudian dievaluasi dan diberikan usulan perbaikan atas setiap permasalahan yang ada. Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa secara umum pelaksanaan sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal pada siklus pendapatan pemasangan layanan listrik prabayar yang dijalankan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang telah berjalan dengan baik, yaitu sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan. Sistem yang digunakan telah berbasis komputer, yaitu dengan menggunakan System Application and Product in Data Processing (SAP). Ada sedikit kelemahan dalam pelaksanaan sistem listrik prabayar. Kelemahan itu adalah pelanggan harus melapor ke kantor PLN untuk membantu mengisi pulsa listrik dikarenakan meteran listrik sering rusak/ error, tidak ada penjualan voucher fisik pada saat pelanggan melakukan pengisian pulsa listrik, sulitnya melakukan pengecekan tagihan listrik melalui website www.pln.co.id secara online. kelemahan itu harus segera diperbaiki agar salah satu dari nilai perusahaan yaitu peka terhadap kebutuhan pelanggan dapat direalisasikan oleh perusahaan.