Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi
Main Author: | Fadli, Mochamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/107597/1/BAB_II.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/2/BAB_I.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/3/BAB_V.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/3/BAB_III.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/4/BAB_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/4/Cover-daftar_isi.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/5/Daftar_Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/6/Lembar_Pengesahan.pdf http://repository.ub.ac.id/107597/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual,dan kecerdasan sosial terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakuakam dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 126 mahasiswa akuntansi UB, 80 mahasiswa akuntansi UM, dan 40 mahasiswa akuntansi UIN. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa hanya variabel kecerdasan emosional yang berpengaruh terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi, sedangkan kedua variabel lainnya yakni kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial tidak berpengaruh terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi. Hal ini dikarenakan kecerdasan emosi akan membantu mahasiswa dalam mengevaulasi objek perilaku dengan baik. Berdasarkan temuan tersebut, maka lembaga pendidikan formal, khususnya universitas, perlu untuk mengembangkan kecerdasan emosional mahasiswanya agar dapat bersikap secara etis.