Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (studi pada wisata ziarah makam Gus Dur di kabupaten Jombang), baik secara simultan maupun secara parsial, serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Sampel penelitian adalah sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling menggunakan Purposive Sampling dimana pengambilan sampel ditentukan berdasarkan pertimbangan tertentu. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T serta uji dominan. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari keempat variabel faktor psikologis yang terdiri dari motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), kepercayaan dan sikap (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing variabel motivasi (X1), persepsi (X2), kepercayaan dan sikap (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur). Sedangkan variabel pembelajaran (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur). Dari uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,245 yang artinya 24,5% keputusan wisatawan dalam memilih wisata ziarah dipengaruhi oleh faktor psikologis yang terdiri dari variabel bebas, yaitu variabel motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), kepercayaan dan sikap (X4), sedangkan sisanya sebesar 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain faktor psikologis, masih ada beberapa kemungkinan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pengambilan keputusan berkunjung, seperti faktor kebudayaan, faktor sosial, dan faktor pribadi.