Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang servicescape dan kemampuan komunikasi interpersonal karyawan yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada jasa wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor servicescape yang terdiri dari kondisi lingkungan, tata spasial, tanda simbol atau artifak serta komunikasi interpersonal mempengaruhi kepuasan konsumen dan juga untuk mengetahui faktor mana yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen.Penelitian ini dilakukan pada pengunjung yang mengunjungi wisata Eco Green Park Batu yang berjumlah 165 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik. Sementara untuk pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, variabel ambient conditions (X1), spatial layout and functionality (X2), signs, symbol, artifact (X3), dan kemampuan komunikasi interpersonal (X4) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi F kurang dari 5% (0,05). Hasil analisis regresi linear berganda menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara 4 variabel bebas yang diuji dengan variabel terikat, dengan uji F hitung sebesar 39,900 dengan tingkat signifikansi 0,000. Berdasarkan uji T diketahui bahwa (X1), (X2), (X3), tidak berpengaruh signifikan secara parsial sedangkan (X4) berpengaruh signifikan secara parsial. Melalui koefisien standardized β diperoleh bahwa variabel kemampuan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh dominan yaitu sebesar 0,544. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien determinasi (R2) atau nilai Adjusted R Square yang menunjukan nilai sebesar 0,480 yang artinya besar pengaruh seluruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 48%.