Pengaruh Online consumer review Terhadap Minat Pembelian Pada Website Bukalapak.com di Indonesia - Studi Eksplanatif Pada Penggunaan Aplikasi dan Website Bukalapak dengan Pendekatan Elaboration Likelihood Model

Main Author: Sita, Ken Ratri Semara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10751/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online consumer review terhadap minat pembelian pada website Bukalapak dengan menggunakan teori Elaboration Likelihood Model pada rute sentral maupun rute periferal. Online consumer review dijelaskan melalui dua dimensi atau variabel, yakni kualitas review dan kuantitas review. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif (analisis regresi linier berganda dan analisis statistik deskriptif). Populasi responden adalah para pengguna website Bukalapak, pernah melihat kolom review di website Bukalapak dan mengetahui ragam fashion. Selanjutnya dipilih sampel sebanyak 100 orang menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner secara online (google form). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama online consumer review (kualitas review dan kuantitas review) berpengaruh terhadap minat pembelian konsumen. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat pembelian ialah kualitas review.