Determinan Sikap dan Pengaruhnya Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan minat untuk menggunakan layanan internet banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Sebanyak 161 sampel penelitian dilakukan pada mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan layanan internet banking. Pengumpulan data menggunakan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan kecocokan mempengaruhi sikap untuk menggunakan layanan internet banking, serta sikap berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan layanan internet banking. Sedangkan kepercayaan dan keuntungan relatif tidak mempengaruhi terhadap sikap digunakannya layanan internet banking. Hal ini berarti bahwa niat untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh sikap dan sikap untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan dan kecocokan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen perbankan dan analis internet banking untuk mempertimbangkan sikap, persepsi kemudahan penggunaan dan kecocokan dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking dalam sistem perbankannya