Pengaruh Keyakinan dan Kepercayaan Teknologi Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking Di Malang: Theory of Reason Action yang Direduksi

Main Author: Mardiyanti, Sofiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107454/1/Skripsi_Sofiana_Mardiyanti_105020307111044.pdf
http://repository.ub.ac.id/107454/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keyakinan dan kepercayaan teknologi terhadap minat menggunakan internet banking di Malang dengan menggunakan model theory of reaction action dan mereduksi model dari penelitian Selvan et al, (2011). Peneliti menggunakan 138 nasabah bank yang pernah menggunakan internet banking sebagai responden dan dianalisis dengan smartPLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa minat menggunakan internet banking dipengaruhi oleh keyakinan terhadap teknologi yang dimediasi oleh sikap terhadap internet banking, sikap terhadap teknologi layanan mandiri, dan kepercayaan terhadap teknologi. Perasaan positif terhadap teknologi layanan mandiri dan internet banking akan menunjukkan seberapa besar minat seseorang untuk menggunakan internet banking. Keyakinan dan kepercayaan terhadap teknologi yang tinggi dapat menumbuhkan perasaan positif terhadap teknologi layanan mandiri dan internet banking sehingga dapat mendorong minat seseorang untuk menggunkan internet bangking. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat menggunakan internet banking dapat dijelaskan dengan menggunakan theory of reason action. Oleh karena itu, penting bagi pihak perbankan untuk memerhatikan tingkat kepercayaan dan keyakinan dalam mengimplementasikan teknologi internet banking sebagai alat pembayaran sehingga dapat mendorong minat nasabahnya untuk menggunakan internet banking.