Analisis Formulasi Strategi Pada Perusahaan Rokok Putra Masa Depan Nganjuk
Main Author: | Yudanto, Setia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/107376/1/SKRIPSI_FULL.pdf http://repository.ub.ac.id/107376/ |
Daftar Isi:
- Perubahan lingkungan dan persaingan merupakan suatu faktor penentu dalam perencanaan strategi yang dapat menentukan peluang atau ancaman terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan, baik lingkungan internal maupun eksternal pada perusahaan rokok Putra Masa Depan Nganjuk, sehingga dapat ditentukan strategi yang sesuai dengan perusahaan dalam menghadapi persaingan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan yang ada sekarang dengan menyajikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi aspek lingkungan internal maupun eksternal perusahaan, sehingga dari situ akan ditemukan peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi pesaing yang semakin ketat. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap perusahaan rokok Putra Masa Depan Nganjuk, strategi yang sesuai adalah kombinasi antara market penetration strategy dan product development strategy. Dimana pada strategi penetrasi pasar akan meningkatkan market share suatu produk dengan meningkatkan tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dan usaha promosi lainnya.