Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan jalur masuk terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan uji beda dalam menguji analisis two-way anova. Berdasarkan hasil pengujian variabel tingkat pendidikan orang tua maupun jalur masuk penerimaan mahasiswa, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi. Tingkat pendidikan orang tua diukur dengan pendidikan terakhir yang ditempuh oleh orang tua. Jalur masuk diukur melalui seleksi masuk perguruan tinggi saat penerimaan mahasiswa baru. Prestasi belajar diproksikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Indikasinya semakin tinggi pendidikan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar anaknya. Tingkat kecerdasan seseorang berpengaruh terhadap hasil belajar, dimana masing-masing seleksi jalur masuk menunjukkan tingkat kecerdasan.